BERHENTI MEROKOK ….. ??

Sebelumnya saya minta maaf kepada para produsen rokok kalau nantinya artikel ini membuat tingkat konsumsi merokok di Indonesia turun drastis. Saya tidak bisa memberi solusi kalau nanti pabrik rokok banyak yang tutup dan banyak pengangguran. Biarlah itu menjadi urusan instansi yang terkait, saya hanya ingin memberi tips cara berhenti merokok yang sangat efektif

karena ini berdasarkan pengalaman saya yang bisa berhenti merokok sejak dari SMA sampai saya mempunyai 2 orang anak kalau di konversi ke tahun kira-kira saya sudah merokok 16 tahun kurang lebihnya. Saya berhenti merokok tidak perlu menggunakan terapi segala macam yang tentu membutuhkan biaya besar. Saya bisa berhenti merokok dengan modal hanya niat dalam hati yang kuat. Tentu saja modal ini tidak membutuhkan uang dan tenaga sedikitpun…!! Bagi para pecandu rokok tolong anda perhatikan sekali kata atau kalimat yang saya tulis miring dan bergaris bawah karena itu merupakan pokok-pokok yang penting harus diperhatikan kalau ingin berhenti merokok.

Saya mengajukan pertanyaan kepada teman-teman saya yang masih menjadi perokok, ada yang menjadi perokok berat, sedang dan ringan mengapa tidak berhenti merokok. Apa jawaban mereka…? Jawabannya macam-macam tergantung dari jenis perokok apa dirinya. Untuk para perokok berat jawaban pastinya adalah :" susah…..udah kecanduan nih…! Dulu pernah dicoba untuk berhenti merokok, tapi selalu gak bisa…abis kalau inget enaknya ngrokok langsung deh ambil sebatang rokok. Niatnya sih hanya sebatang, tapi lama-lama keterusan jadi gagal deh niat berhenti merokok " Itu kata-kata kurang lebihnya dari para pecandu rokok. Untuk perokok sedang dan ringan jawaban merekea biasanya seperti ini…." Saya merokok hanya buat iseng-iseng saja kok ", atau seperti ini….." ah….saya merokok kan buat bergaya saja masa teman-teman saya pada merokok saya gak ikut-ikutan".

Dari ketiga jenis perokok diatas dengan jawabannya masing-masing tersebut yang paling susah untuk diberhentikan kebiasan merokoknya adalah yang merasa kecanduan merokok. Ingat baik-baik ya….mereka merasa kecanduan merokok , sedangkan yang perokok sedang dan ringan adalah menurut istilah saya mereka bersandiwara saja. Kok bersandiwara saja? Iya …sebenarnya mereka tidak perlu merokok, mereka merokok karena tuntutan lingkungan. Perokok jenis ini kalau tidak segera dihentikan nanti bisa meningkat menjadi perokok berat yang tentu lebih susah untuk dihentikan.

Sekarang saya ceritakan pengalaman saya menjadi perokok yang karena konsistensi saya sendiri tidak pernah beranjak menjadi perokok berat dan akhirnya berhenti. Bagi perokok berat kalau membaca pengalaman saya ini pasti bisa dipakai untuk memulai program berhenti merokok asal dengan satu syarat utama dan tidak ada syarat lainnya lagi yaitu niat dalam hati yang kuat . Bagaimana menumbuhkan niat dalam hati yang kuat akan saya kasih tahu caranya juga. Beberapa saat setelah saya mulai intens merokok saya mulai menyadari kalau saya mulai kecanduan. Lalu saya bertanya dalam hati apa betul saya mulai kecanduan ? Kalau kecanduan mestinya kan saya merokok terus menerus tiada dan henti dan kalau berhenti badan akan menggigil seperti layaknya orang kecanduan. Buktinya badan saya biasa-biasa saja kalau saya enggak merokok tuh..!! Jadi kecanduan itu bagi seorang perokok hanya ilusi semata. Oleh karena itu saya selalu menanamkan dalam hati saya bahwa saya bukan pencandu rokok meskipun saya merokok tiap hari.

Yang tidak kalah pentingnya adalah semakin banyaknya peringatan akan bahaya merokok dan zat-zat apa saja yang terkandung dalam sebatang rokok ini. Saya selalu memperhatikan bahaya merokok dan akibatnya. Berikut ini saya jelaskan secara jelas zat-zat apa yang terkandung dalam sebatang rokok dan akibatnya bagi manusia dengan harapan semoga anda menjadi takut ( kalau masih tidak takut lagi berarti anda sudah tidak saya sama keluarga, bagi saya kepentingan keluarga jugalah yang turut berperan menghentikan kebiasan merokok saya ). Tidak kurang dari 4000 bahan kimia yang terkandung dalam satu batang rokok yang anda hisap. Dari 4000 bahan kimia tersebut yang bahayanya sangat anda pahami adalah seperti dibawah ini ( bahan kimia lainnya jangan anda anggap enteng karena dikategorikan berbahaya pasti cepat lambat berakibat buruk bagi tubuh anda ) :

  • aseton (bahan cat); bahaya bagi tubuh manusia karena merusak sel-sel. Apabila sel-sel tubuh rusak akibatnya : terganggunya proses pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia.
  • amonia (pembersih lantai); apabila ammonia ini masuk dalam tubuh manusia dalam jumlah semakin banyak maka akan menyebabkan kematian.
  • arsen (racun) ; saya kita sudah tidak usah di bahas lagi akibat arsen dalam tubuh manusia karena jelas akan membawa kematian.
  • kadmium (aki kendaraan); bahaya bagi tubuh manusia adalah tekanan darah tinggi, kerusakan ginjal, kerusakan jaringan testicular, dan kerusakan sel-sel jaringan darah merah.
  • karbon monoksida (asap knalpot); bahaya bagi tubuh manusia mengakibatkan keracunan dan sesak nafas.
  • DDT (insektisida) ; bahaya bagi tubuh manusia menyebabkan kanker otak, leukemia, kanker payudara, cacat pada anak (sungguh kasihan kalau anak anda mengisap asap rokok yang anda keluarkan) dll
  • hidrogen sianida (gas beracun); bahaya bagi manusia jelas akan membawa kematian
  • methanol (bensin roket); bahaya bagi tubuh manusia adalah koma, kejang, kebutaan dan kematian.
  • naftalen (kamper); bahaya bagi tubuh manusia adalah mengganggu sistim pusat syarat bayi ( kasihan bayi anda kalau sampai menghisap asap rokok )
  • toluene (pelarut industri); bahayanya sama dengan ammonia ( pembersih lantai )
  • dan vinil klorida (plastik); bahaya bagi tubuh adalah menyebabkan racun pada ginjal, syarat dan menyebabkan kanker.

Harap diingat bahwa zat-zat yang terkandung dalam asap rokok bisa anda hisap sendiri dan dihisap oleh anak serta istri anda sendiri.

Sekarang anda sudah tahu beberapa zat kimia yang terkandung dalam sebatang rokok dan bahaya langsungnya bagi tubuh anda. Tidak takutkah anda….? Tidak sayangkah dengan tubuh anda sendiri …… ? atau kalau memang tidak perduli dengan tubuh anda sendiri setidaknya perdulilah pada keluarga anda yang sangat mengharapkan kehadiran anda. Jangan sampai anak-anak dan istri anda akan merasakan kesedihan karena kehilangan diri anda.

Nah sekarang setelah saya uraikan panjang lebar pengalaman saya diatas masih tetap kepengin merokok…? Kalau ingin berhenti merokok pahami dan tanamkan dalam diri anda : niat kuat dalam diri anda dan ingat-ingat selalu bahaya merokok serta ingat selalu keluarga anda.


Tidak ada komentar: