Vitamin C, Manfaat Dan Dosis Ideal

Kegunaan vitamin C adalah membantu sistem kekebalan tubuh manusia. Jadi sebenarnya tubuh manusia sudah memiliki sistem kekebalan tubuh untuk menghadapi serangan penyakit dari luar, namun kadangkala sistem kekebalan tubuh kita tidak mencukupi untuk menghadapi serangan yang dikarenakan menurunnya sistem kekebalan tubuh kita. Untuk membantu kekurangan ini maka vitamin C sangat diperlukan oleh tubuh untuk menambah kekebalan tubuh kita.

Sekarang berapa banyak kadar vitamin C yang diperlukan oleh tubuh untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh? Banyak pendapat berbeda-beda dari para ahli mengenai hal ini. Dua pendapat yang sangat berbeda saya sandingkan dalam tulisan artikel saya ini, yaitu :

Seorang peneliti dari Universitas Michigan yang bernama Mark Moyad, MD,MPH mengatakan bahwa kadar ideal vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh manusia setiap harinya berkisar 500 mg. Akan tetapi seorang Profesor dari Jepang yang bernama Prof. Dr. Akira Murata, Ph. D. dalam suatu wawancara dengan Metro TV mengatakan bahwa konsumsi 100 mg vitamin c yang dianjurkan dalam buku-buku konvensional sudah tidak mencukupi lagi. Persediaan vitamin C yang diserap oleh tubuh dapat berkurang dengan cepat akibat berbagai faktor, diantaranya kemacetan lalulintas yang menyebabkan stress, merokok dan minum-minuman keras. Polusi udara dari asap kendaraan bermotor, polusi air, mengkonsumsi obat-obatan dalam jangka panjang dan makan makanan yang mengandung zat adiktif juga berakibat semakin cepatnya penurunan persediaan vitamin C dalam tubuh manusia.

Masih menurut Prof. Dr. Akira Murata, Ph. D. bahwa kebutuhan ideal vitamin C untuk tubuh manusia dewasa agar mencapai tingkat serum darah seperti mamalia lain yang membuat vitamin C sendiri adalah sebagai berikut :

1. Menurut The Vitamin C Foundation kebutuhan ideal Vitamin C adalah 3.000 miligram sehari bahkan mencapai 300.000 mg sehari apabila sedang sakit.

2. Menurut Thomas E. Levy dari Pusat Medis Intergratif Colorado kebutuhan ideal Vitamin C adalah antara 6.000 – 12.0000 miligram sehari

3. Dosis pribadi Prof. Dr. Linus Pauling, Ph. D yang merupakan peneliti Vitamin C sekaligus 2 kali pemenang Hadiah Nobel di tahun 1954 dan 1962 adalah 6.000 – 20.000 miligram sehari.

Sekarang pertanyaannya adalah masihkah kita mengandalkan konsumsi Vitamin C yang diperoleh dari makanan kita sehari-hari ? Karena menurut berbagai sumber jumlah vitamin C yang diperoleh dari makanan kita sehari-hari baik dari buah maupun sayuran hanya berkisar tidak lebih dari 100 mg seharinya. Sungguh suatu jumlah yang jauh dari cukup untuk memenuhi kebutuhan Vitamin C dalam membantu sistem kekebalan tubuh kita menjaga tubuh tetap sehat menghadapi situasi dan kondisi seperti sekarang yang sangat membuat manusia menjadi stress. Untuk itulah saya anjurkan perbanyak mengkonsumsi suplemen vitamin C yang banyak dijual dipasaran dengan berbagai macam variasi harga dari yang murah sampai yang mahal.

Tidak ada komentar: