Tahun Ajaran Baru, RSBI atau Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional

Setiap tahun bagi orang tua yang anak-anaknya duduk di tahun terakhir sekolahnya pasti harus siap-siap berdebar-debar menantikan pengumuman penerimaan murid baru. Para orang tua akan cemas menunggu pengumuman apakah anaknya bisa diterima atau tidak.
Untuk Sekolah yang sudah RSBI atau Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional akan memajukan pendaftaran penerimaan murid barunya mendahului sekolah lain yang belum RSBI. Sekolah RSBI biasanya mengadakan pendaftaran sebelum ujian akhir dilaksanakan. Sekolah RSBI menerapkan standar tinggi bagi para calon muridnya harus mempunyai nilai minimal dalam raportnya 7,5 untuk mata pelajaran seperti matematika, bahasa Indonesia, IPA dan Bahasa Inggris. Apabila ada calon muridnya yang nilai mata pelajaran tersebut dari kelas I sampai kelas V ada yang kurang dari 7,5 masih memungkinkan untuk mendaftar tetapi dengan syarat lain yaitu mempunyai prestasi diluar sekolah seperti menjuarai kompetisi minimal untuk tingkat kota/kabupaten.
Persyaratan ini membuat beberapa sekolah ada yang nekat merubah raport para muridnya dari kelas I sampai kelas V supaya nilai mata pelajaran seperti matematika, bahasa Indonesia, IPA dan Bahasa Inggrisnya minimal 7,5. Itulah yang terjadi sehingga banyak raport-raport yang masih terlihat baru dari sudut kertas raport saat pendaftaran. Hal ini telah banyak dilakukan sekolah-sekolah sehingga menjadi hal biasa saja tanpa ada tindakah dari dinas pendidikan terkait.
Setelah ujian akhir selesai dilaksanakan maka test tertulis dan tes praktek dilaksanakan. Test tertulisnya adalah matematika, IPA, Bahasa Indonesia, Pengetahuan Umum dan Psikotes. Sedangkan tes praktek yang diadakan adalah bahasa Inggris dan komputer. Nilai test ini sangat mempengaruhi total nilai akhir karena nilai test tertulis dan praktek ini akan dikalikan dua. Nilai akhir yang akan menentukan diterima atau tidaknya para murid terdiri dari nilai rapor + ( 2 x nilai tes tertulis ) + bahasa Inggris + nilai UASBN ( Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional ) + nilai prestasi di luar sekolah.
Meskipun menerapkan standar tinggi dalam pendaftaran murid barunya, para peminat yang ingin masuk ke RSBI makin tahun makin meningkat. Untunglah hal ini juga dibarengi semakin banyaknya sekolah yang mulai ber- RSBI sehingga makin banyak pula kesempatan untuk dapat bersekolah di RSBI.

1 komentar:

axc mengatakan...

nice post